Selamat Berkarya!

IB

IBX5A91769239082
KB AL HIDAYAH DEMANGAN = MEMPERSIAPKAN ANAK KE JENJANG PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI dipersembahkan oleh : Biotek Multi Karya "KAMI SIAP MELAYANI ANDA : FOTO KOPI, CETAK ULEM, DEPOSIT PULSA, PRINT, DEKORASI, RIAS PENGANTIN"

PETANI LADA SEKAR AJI PERSIAPKAN LUBANG TANAM

Awal musim penghujan tahun ini seakan menjadi “berkah” tersendiri bagi petani lada Sekar Aji Desa Pijiharjo. Pasalnya mereka dapat kembali menanam Lada. Tanaman lada merupakan tanaman rempah yang mempunyai peluang pasar yang sangat luas. Di Pijiharjo, Kecamatan Manyaran lada mulai dikenalkan oleh Jaimin (65) warga Bendungan yang pulang transmisgrasi di Pontianak. Saat ini tanaman lada mudah ditemukan di Desa Pijiharjo, kendati demikian tanaman lada masih dijadikan sebagai tanaman sampingan oleh beberapa petani di Desa Pijiharjo.
Melalui kelompok tani Sekar Aji yang diketuai oleh Marsan (53) mencoba untuk memasyarakatkan tanaman lada di Desa Pijiharjo. Sedikitnya satu bulan sekali dilakukan pertemuan kelompok. Pada pertemuan beberapa waktu lalu, kelompok membahas pembuatan lubang tanam. Dalam pembahasan tersebut disepakati lubang tanam bagian atas berukuran 40 x 35 cm, bawah + 40 x 15 cm dan kedalaman 50 cm. Hal ini dimaksudkan agar akar tanaman lada dapat tertimbun tanah dan kondisi akar tidak panas disaat musim kemarau tiba, sehingga diharapkan lada dapat tumbuh subur. Direncanakan awal musim penghujan yang terjdi pada bulan Oktober ini petani Sekar Aji sudah dapat menanam bibit lada.


Bibit Lada Mulai ditanam di pekarangan Marsan (53) "foto diambil beberapa waktu lalu"

0 Comment for "PETANI LADA SEKAR AJI PERSIAPKAN LUBANG TANAM"

Back To Top