Selamat Berkarya!

IB

IBX5A91769239082
KB AL HIDAYAH DEMANGAN = MEMPERSIAPKAN ANAK KE JENJANG PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI dipersembahkan oleh : Biotek Multi Karya "KAMI SIAP MELAYANI ANDA : FOTO KOPI, CETAK ULEM, DEPOSIT PULSA, PRINT, DEKORASI, RIAS PENGANTIN"

Gembleng Karakter Siswa, SD N 5 Pijiharjo Bangun Mushola



Pendidikan di Indonesia diselenggarakan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Upaya pemerintah diwujudkan dengan memperbaiki kurikulum. Diberlakukannya Kurikulum 2013 pada pendidikan dasar menekankan pada pengetahuan, keterampilan, kecakapan, kreativitas, akhlak, dan kewarganegaraan yang harus dimiliki oleh lulusan sesuai jenjang pendidikan.

Penguatan karakter baik pada anak dapat dilakukan melalui kegiatan pembiasaan. Karakter yang harus dimiliki siswa antara lain : 1. Religius; 2. Jujur; 4. Disiplin; 5. Kerja Keras; 6. Kreatif; 7. Mandiri; 8. Demokratis; 9. Rasa Ingin Tahu; 10. Semangat Kebangsaan; 11. Cinta Tanah Air; 12. Menghargai Prestasi; 13. Bersahabat/Komunikatif; 14. Cinta Damai; 15. Gemar Membaca; 16. Peduli Lingkungan; 17. Peduli Sosial; 18. Tanggung Jawab.

Dahulu, saat kita di Sekolah Dasar, banyak hal yang telah diajarkan oleh bapak ibu guru. Kenangan seperti berjabat tangan pada saat akan masuk dan keluar kelas, menyapa di jalan, diajarkan sholat lima waktu, membawakan tas bapak ibu guru, dan lainnya masih sangat membekas di ingatan kita. Terlebih lagi ketika bapak ibu guru marah ketika kita berbuat salah. Tanpa kita sadari, inilah bagian pembiasaan karakter yang dilakukan oleh bapak ibu guru dalam membimbing kita, kala itu.


Teman-teman pasti juga masih ingat, saat kita akan mengakhiri di kelas VI. Kegiatan menegangkan saat akan dilakukan Ujian Praktik Sholat. Diawali dari tata cara berwudlu secara benar hingga tahapan-tahapan sholat harus kita kuasai. Apakah teman-teman masih ingat Ujian praktik Sholat saat berada di Sekolah Dasar ?. Jika saya dulu, praktiknya di Masjid Al Hdayah Demangan.

Sampai saat ini, adik-adik kita di SD N V Pijiharjo harus berjalan beberapa meter menuju Masjid Al Hidayah untuk melakukan sholat ataupun melaksanakan kegiatan keagamaan lainnya. Tentunya kegiatan itu kurang efektif, mengingat setelah kegiatan keagamaan masih ada pelajaran lain  yang harus ia ikuti. Padahal pembiasaan karakter religius harus secara terus menerus ditanamkan kepada adik-adik kita. Karakter religius merupakan sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

Beberapa waktu yang lalu, saya bertemu Pak Gito (Guru SD Kita), beliau menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung kegiatan pembiasaan karakter, SD N 5 Pijiharjo akan membangun Mushola. Mushola tersebut akan digunakan sebagai sentra kegiatan keagamaan di sekolah. Selain itu, jika ada tamu akan memudahkan untuk melaksanakan sholat. Proposal Pembangunan Mushola SDN V Pijiharjo dapat di download pada link ini "PROPOSAL".

Teman-teman alumni sekalian, jika berkenan dimohon ikut serta berpartisipasi dalam mensukseskan pembangunan mushola SD N V Pijiharjo. Jiak teman-teman alumni berkenan memberikan sebagian rizkinya, dapat dikirimkan pada rekening berikut ini :
GITO, S.P d.
Nomor Rekening BRI : 6950-01-000461-53-6
Wa/ Telp. : 0852 2859 2829

Kami tunggu kabar baik dan partisipasi dari teman-teman sekalian. Salam sehat dan Sukses untukmu !. MOHON DI SHARE PADA TEMAN LAIN ... (MAKRUF 0856 4721 9317)


0 Comment for "Gembleng Karakter Siswa, SD N 5 Pijiharjo Bangun Mushola"

Back To Top