segala puji milik Allah SWT. atas rahmatnya aku bisa selesai sekolah di kota besar itu (ops.. SOLO gitu lhoh..). berkat kasih sayang kedua orang tuaku serta berbagai dukungan moral, material dan doanya aku bisa menyelesaikan ngangsu kaweruh di Universitas Sebelas Maret.
ini ada oleh-oleh buat pembaca, Abstrak Skripsi buah karyaku yang dulu di bimbing oleh Dra Alvi Rosyidi dan Harlita, S.Si. Atas kesabaran, bimbingan beliau saya ucapkan terima kasih. tak lupa juga buat Drs. Slamet Santosa, M. Si saya ucapkan matur nuwun sedaya nasehatipun. semoga kebaikan beliau mendapatkan balasan Allah SWT.
ABSTRAK
Makruf Hidhayanto. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE JIGSAW DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BELAJAR SISWA KELAS VII. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2006.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan metode jigsaw dengan media audio visual terhadap penguasaan konsep belajar biologi siswa pokok bahasan ekosistem; (2) penguasaan konsep belajar biologi siswa dipengaruhi oleh kemampuan awal siswa pokok bahasan ekosistem; (3) adanya interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap penguasaan konsep belajar biologi siswa pokok bahasan ekosistem; (4) metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep belajar biologi siswa pokok bahasan ekosistem.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Eromoko Kab. Wonogiri pada tahun ajaran 2005/ 2006 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII B dan VII C yang diambil secara cluster random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh penerapan metode jigsaw dengan media audio visual terhadap penguasaan konsep belajar biologi siswa kelas VII pada pokok bahasan ekosistem; (2) Ada pengaruh kemampuan awal siswa terhadap penguasaan konsep belajar biologi siswa kelas VII pada pokok bahasan ekosistem; (3) ada interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap penguasaan konsep belajar biologi siswa kelas VII pada pokok bahasan ekosistem. Selain hal di atas, diketahui bahwa metode jigsaw dengan media audio visual adalah metode yang paling efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep belajar biologi siswa pokok bahasan ekosistem.
matur nuwun kagem sedoyo rencang
0 Comment for "akhirnya"