Selamat Berkarya!

IB

IBX5A91769239082
KB AL HIDAYAH DEMANGAN = MEMPERSIAPKAN ANAK KE JENJANG PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI dipersembahkan oleh : Biotek Multi Karya "KAMI SIAP MELAYANI ANDA : FOTO KOPI, CETAK ULEM, DEPOSIT PULSA, PRINT, DEKORASI, RIAS PENGANTIN"

Interaksi dan Komponen Ekosistem


Di lingkungan persawahan dapat kita temukan aneka jenis hewan, tumbuhan serta benda tidak hidup. Ekosistem terdiri dari dua komponen, yaitu: komponen hidup (biotic) dan komponen tidak hidup (abiotik). contoh komponen biotik adalah padi, rumput, ulat, bahkan jasad renik yang tidak tampak oleh mata telanjang. Semua makhluk hidup itu disebut komponen biotik (bio = hidup). Sedangan tanah, udara, air, cahaya matahari merupakan komponen abiotik (a = tidak, bio = hidup). Tahukah kalian peran kedua komponen itu dalam ekosistem?. Mari kita pelajari seksama.

Download Video Ekosistem di sini
1.      Komponen Aboitik
Sebagian besar, tempat hidup suatu tumbuhan adalah tanah. Di dalam tanah terdapat butiran-butiran tanah yang mengandung unsur hara/unsur anorganik dan bahan organik. Tanah yang gembur dapat mempermudah akar tumbuhan memperoleh makanan. Dalam memenuhi kebutuhan makanan, tumbuhan dapat memperoleh bahan makanan dari udara yang mengandung oksigen, nitrogen, hidrogen dalam bentuk uap air dan karbondioksida. Gas karbondioksida dimanfaatkan tumbuhan dalam proses fotosintesis. Oksigen yang dihasilkan dari proses ini dikeluarkan ke udara bebas untuk respirasi makhluk hidup. Sumber energi bagi tumbuhan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan zat makanan adalah sinar matahari. Zat makanan merupakan energi kimia yang dibutuhkan oleh semua organisme untuk menghasilkan energi untuk melakukan proses-proses kehidupannya.
Pada ketinggian tertentu uap air dapat membentuk awan. Ketika suhu dingin menyebabkan awan berkondensasi menjadi embun yang pada akhirnya menyebabkan turun hujan di atas permukaan tanah maupun di sungai dan mengalir ke laut. Selanjutnya Air meresap ke dalam tanah sebagai air tanah kemudian diserap tumbuhan. Air diperlukan semua organisme untuk berlangsungnya proses-proses dalam tubuh.
2.      Komponen boitik
Semua makhluk hidup yang terdapat dalam ekosistem termasuk komponen biotik. Makhluk hidup dapat dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu produsen, konsumen, dan dekomposer atau pengurai.
Untuk mempelajari ekosistem dan Interaksinya klik video berikut ini.





0 Comment for "Interaksi dan Komponen Ekosistem"

Back To Top