Selamat Berkarya!

IB

IBX5A91769239082
KB AL HIDAYAH DEMANGAN = MEMPERSIAPKAN ANAK KE JENJANG PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI dipersembahkan oleh : Biotek Multi Karya "KAMI SIAP MELAYANI ANDA : FOTO KOPI, CETAK ULEM, DEPOSIT PULSA, PRINT, DEKORASI, RIAS PENGANTIN"

Tingkatkan Kualitas Lulusan, Pemerintah Kembangkan Program Pendidikan 4 Tahun pada SMK

Malang (18/10), Bertempat di Everyday Smart Hotel Malang sebanyak 142 SMK di seluruh Indonesia mendapat undangan dari Direktorat Pembinaan SMK untuk mengikuti Bimbingan Teknis Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran SMK program 4 Tahun. Moch Wdiantoro, S. Pd. MT kasi Pembelajaran Direktorat Pembinaan SMK dalam sambutanya menyampaikan bahwa "terdapat spektrum kurikulum SMK 4 tahun, hal ini memungkinkan UN kelompok A dan B diujikan pada tahun ke tiga. Sedangkan mata diklat C1, C2, dan C3 diujikan pada tahun ke empat. Diharapkan, output siswa yang tergabung pada program 4 tahun  mampu menghasilkan lulusan produktif dan kreatif". Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan masing-masing SMK yang memiliki program pendidikan 4 tahun mendapatkan dana Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp. 22.500.000,-


Dalam Pedoman Pendampingan Penyelenggaraan Program Pendidikan 4 Tahun pada SMK dijelaskan bahwa "Proses pembentukan kompetensi di SMK berorientasi pada kecakapan pembelajaran abad ke-21 dengan mengembangkan proses pembelajaran yang menekankan kepada higher order thinking skills (HOTS) dan penerapan pengembangan kemampuan literasi serta penguatan pendidikan karakter. Melalui proses tersebut diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai daya saing kebekerjaan yang tinggi. Untuk mendapatkan proses pembentukan kompetensi yang ideal dan mampu menghasilkan lulusan sebagaimana yang diharapkan, maka pemenuhan dan pemerataan prasarana-sarana SMK, guru produktif, tenaga kependidikan, manajemen sekolah, dan hubungan kerja sama industri sebagai komponen proses penting yang harus diperhatikan". Dikembangkannya program pendidikan 4 tahun yang dapat dibuka oleh setiap SMK atas dasar kebutuhan DU/DI pasangannya diharapkan mampu meningkatkan kualifikasi lulusan sesuai dengan perkembangan kebutuhan dunia kerja, sehingga lulusannya dapat disetarakan dengan level 3 pada KKNI. Sedangkan program pendidikan 3 tahun lulusannya disetarakan dengan level 2 pada KKNI. 
Atas dasar di atas, SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro pada tahun pelajaran 2017/ 2018 berkesempatan membuka program pendidikan 4 tahun Paket keahlian Kesehatan Hewan. Hal ini merupakan pengalaman baru bagi sekolah dalam menyelenggarakan program pendidikan 4 tahun. Untuk itu, diperlukan pembinaan khusus bagaimana mengelola program pendidikan tersebut secara efektif dan sinergik. 



Melalui Direktorat Pembinaan SMK pada tahun anggaran 2017 ini SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro mendapatkan pendampingan penyelenggraan program pendidikan 4 tahun yang dibimbing oleh LPPPTK Makassar. Jadwal tahapan program pendamingan dapat di download pada link ini.
Program tersebut diharapkan mampu memberikan fasilitasi dalam Penyelenggaraan Program Pendidikan 4 Tahun pada SMK; memberikan bantuan konsultasi, pemodelan (modeling), serta pelatihan personal dan spesifik (coaching) untuk hal-hal spesifik dalam Penyelenggaraan Program Pendidikan 4 Tahun pada SMK secara tatap muka dan online; membantu memberikan solusi kontekstual dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat Penyelenggaraan Program Pendidikan 4 Tahun pada SMK; membangun budaya mutu sekolah melalui penerapan Penyelenggaraan Program Pendidikan 4 Tahun pada SMK secara kontekstual, taat asas, dan berkelanjutan.


0 Comment for "Tingkatkan Kualitas Lulusan, Pemerintah Kembangkan Program Pendidikan 4 Tahun pada SMK"

Back To Top