Sobat IPA sekalian, bagaimana kabarmu? Tidak terasa, di kelas XI ini kita
telah memasuki semester genap. Banyak hal telah kalian lalui, seperti Kunjungan
industri hingga kegiatan prakerin. Masa depan menantimu, saatnya kita fokus
menuntut ilmu.
IPA Terapan sebagai mata diklat peminatan C1 dirancang untuk dicapai
melalui proses pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) melalui
kegiatan-kegiatan berbentuk tugas (project based learning), dan penyelesaian
masalah (problem solving based learning) yang mencakup proses mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
Adapun kompetensi inti dan kompetensi dasar yang dipelajari pada mata
diklat IPA Terapan kelas XI antara lain :
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Menunjukkan keimanan sebagai rasa syukur dan keyakinan terhadap kebesaran Sang
Pencipta karena menyadari keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya diaturoleh Sang Pencipta
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan alam semesta dan semua unsur di dalamnya
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Memahami jenis , besaran, dan peralatan kelistrikan
3.2 Memahami jenis,
sifat-sifat, dan aplikasi cermin dan lensa
3.3 Memahami tentang reaksi kimia
dan faktor
yang mempengaruhi kecepatan reaksi kimia
3.4 Mendeskripsikan tentang oksidasi dan reduksi terkait dengan pengertian, sifat-sifat, dan jenis
3.5 Memahami sistem
koloid (emulsi, koloid dan
suspensi)
3.6
Mendeskripsikan tentang senyawa
organik
3.7
Memahami jenis dan sifat senyawa
alcohol
3.8 Memahami jenis,
sifat-sifat, dan komponen karbohidrat
3.9 Mendeskripsikan jenis, sifat-sifat, dan komponen
protein
3.10 Memahami jenis, sifat-sifat, dan komponen lemak
3.11 Mendeskripsikan zat kimia
di sekitar (udara dan air)
3.12 Mendeskripsikan jenis, sifat,dan fungsi berbagai polimer
3.13 Memahami jenis, sifat-sifat dan kegunaan pigmen
3.14 Mendeskripsikan
komponen ekosistem, pencemaran dan dampaknya
bagi makhluk hidup
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1 Menghitung
besaran dan daya listrik dari peralatan yang digunakan
4.2 Membuat alat sederhana dengan menggunakan konsep cermin dan lensa
4.3 Menalar
kasus-kasus terjadinya reaksi kimia dalam kehidupan dengan menggunakan
konsep reaksi kimia
4.4 Menalar
terjadinya berbagai peristiwa oksidasi
dan reduksi
4.5 Membuat
berbagai system koloid (emulsi, koloiddan suspense)
4.6 Memilih senyawa
organic berdasarkan hasil identifikasi
sifat-sifatnya
4.7 Menyimpan
senyawa alcohol berdasarkan sifat-sifatnya
4.8
Memilih
senyawa karbohidrat berdasarkan jenis dan sifat-sifatnya
4.9 Menalar
terjadinya peristiwa kerusakan makanan,
susut kain, dan penggunaannya pada kosmetik berdasarkan sifat-sifat
protein
4.10 Memilih jenis lemak berdasarkan sifat-sifatnya
4.11 Menalar terjadinya peristiwa sehari-hari terkait
dengan bahan kimia di sekitar
4.12 Memilih bahan polimer berdasarkan hasil
identifikasi sifat-sifatnya
4.13 Membuat pigmen dari bahan alami
4.14 Melakukan penanganan limbah yang ada di lingkungan
|
Kita perlu menelaah KI dan KD yang di atas. Hal itu dapat dilakukan dengan
mencari sumber belajar. Pada kesempatan ini, saya mengajak sobat untuk
mendownload buku IPA Terapan kelas XI. Selanjutnya silahkan dipelajari :
A. Zat Aditif Makanan dan Manfaatnya
B. Jenis-jenis Zat Aditif Makanan
BAB 5 PENANGANAN LIMBAH
A. Polusi dan Limbah dalam Ekosistem Serta Dampaknya
B. Usaha Penanganan Limbah untuk Mengurangi Pencemaran Lingkungan
Silahkan download buku IPA Terapan kelas XI pada link ini.
Kami harapkan,
sobat sekalian untuk mencari literatur lain untuk menccari informasi tentang
materi bahan kimia dalam makanan dan penanganan limbah. Selamat Berkarya !
0 Comment for "Buku IPA Terapan Kelas XI : Fokus Belajar dari KI dan KD "