Selamat Berkarya!

IB

IBX5A91769239082
KB AL HIDAYAH DEMANGAN = MEMPERSIAPKAN ANAK KE JENJANG PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI dipersembahkan oleh : Biotek Multi Karya "KAMI SIAP MELAYANI ANDA : FOTO KOPI, CETAK ULEM, DEPOSIT PULSA, PRINT, DEKORASI, RIAS PENGANTIN"

drh Verawati Joko Sutopo Ajak Siswa untuk Terampil Baca Peluang


Wonogiri memiliki potensi peternakan yang sangat strategis. Populasi kambing dan unggas di Kabupaten Wonogiri menempati urutan pertama tingkat Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan populasi sapi potong menempati urutan ke tiga. Hal tersebut disampaikan oleh Ir Rully Pramono Retno, M. Si. Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Wonogiri dalam acara “Belajar Ekslusif bersama drh Verawati Joko Sutopo M. Sc pada Program Keahlian Kesehatan Hewan SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kab. Wonogiri”, Selasa (27/3). Dalam sambutanya, beliau menyampaikan bahwa “Program Keahlian Kesehatan Hewan SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro dapat medukung kegiatan Dinas Kelautan Dan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Wonogiri dalam hal peningkatan populasi dan kesehatan hewan ternak di Wonogiri”.


drh Verawati Joko Sutopo yang juga istri Bupati Wonogiri tampil sebagai narasumber pada kegiatan tersebut. Beliau mengambil tema “Mimpi dan Fakta Dunia Peternakan di Kabupaten Wonogiri”. drh Verawati mengajak kepada para siswa untuk melihat potensi dan peluang peternakan di Kabupaten Wonogiri. Tingginya populasi ternak dan luas wilayah Kabupaten Wonogiri yang terdiri dari 25 kecamatan membuka peluang bagi para tenaga kerja untuk menangani ternak. 

Untuk meraih peluang tersebut, drh Verawati mengharapkan kepada para siswa Program Keahlian Kesehatan Hewan untuk mempersiapkan diri melalui pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Pendidikan formal dapat ditempuh dengan belajar di SMK program keahlian Kesehatan Hewan, D 3 ilmu peternakan hingga S1 ilmu kedokteran hewan. Sedangkan pendidikan non formal dapat dilakukan dengan membaca buku-buku peternakan, diskusi dengan pelaku peternakan, serta magang di industri peternakan. Lebih lanjut ia mengatakan siswa hurus menguasai Bahasa Inggris, melek teknologi dan memiliki karakter positif.


Penyaluran Tamatan
Sebelum dilaksanakan belajar eksklusif bersama drh Verawati, diawali kegiatan apel pagi dalam rangka pelepasan calon tenaga kerja SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro. Drs. Sardi Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) Karya Indah Melati SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro menyampaikan bahwa “Sebanyak 87,3 % siswa kelas XII, terserap ke dunia kerja/ industri. Sebelumnya, para siswa dari program keahlian Tata Busana, Tata Niaga dan Akuntansi telah melakukan seleksi di sekolah untuk ditempatkan di berbagai perusahaan dalam dan luar negeri”. Terdapat 12,3 % siswa yang belum memenuhi usia kerja serta ada beberapa siswa yang ingin melanjutkan belajar di Perguruan Tinggi.
Pelepasan calon tenaga kerja ditandai dengan mengalungkan rangkaian bunga melati kepada perwakilan calon tenaga kerja oleh pembina apel. Tampil sebagai pembina apel adalah Sekretaris Kecamatan Wuryantoro. Dalam amanatnya, beliau berpesan kepada para siswa untuk selalu memohon doa dan restu dari orang tua.

0 Comment for "drh Verawati Joko Sutopo Ajak Siswa untuk Terampil Baca Peluang"

Back To Top