Selamat Berkarya!

IB

IBX5A91769239082
KB AL HIDAYAH DEMANGAN = MEMPERSIAPKAN ANAK KE JENJANG PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI dipersembahkan oleh : Biotek Multi Karya "KAMI SIAP MELAYANI ANDA : FOTO KOPI, CETAK ULEM, DEPOSIT PULSA, PRINT, DEKORASI, RIAS PENGANTIN"

Belajar Wirausaha Melalui Ternak Domba



Ternak domba merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Dibutuhkan keterampilan, ketekunan dan pengetahuan yang memadai dalam beternak domba. Luasnya lahan produktif di Kabupaten Wonogiri dapat dimanfaatkan untuk beternak domba. Namun, kendala akan muncul ketika musim kemarau. Sebab para petani kesulitan mencari rumput. 


Selain ketersediaan pakan, hal yang harus dipersiapkan dalam ternak domba adalah kandang. Kandang harus kokoh dan terbuat dari bahan-bahan yang kuat sehingga mampu menahan gerakan domba. Selain itu, dalam pembuatan kandang harus diupayakan mendapatkan pasokan sinar matahari yang cukup.




Program keahlian Kesehatan Hewan SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro mencoba usaha ternak domba. Melalui ternak domba dapat melatih siswa untuk berwirausaha. Selain itu, siswa diajarkan membuat pakan fermentasi, membuat kompos serta mempelajari anatomi dan fisiologi domba. Dengan sistem pengelolaan usaha yang baik dan benar akan menghasilkan produksi domba sesuai harapan sehingga mampu mendatangkan keuntungan. 



Selasa (9/10) menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para siswa prodi kesehatan hewan, pasalnya salah satu induk domba melahirkan satu ekor anakan betina. Oleh Drh. Rizki, domba tersebut diberi nama Senjawati. Total domba yang dipelihara saat ini sejumlah 6 ekor. 

Guna mencukupi kebutuhan pakan, siswa membuat pakan fermentasi. Caranya dengan mencampurkan Jerami, gedebog pisang, rumput hijau (jika ada), kulit kacang. dedak/ polar. Bahan-bahan tersebut selanjutnya di cacah dengan menggunakan mesin pencacah.

Tahapan berikutnya mengaduk bahan-bahan dengan menambahkan tetes tebu serta Mikroorganisme Organik Lokal (MOL) buatan mereka. Bahan-bahan yang telah tercampur selanjutnya dimasukkan ke dalam tong  penyimpanan selama lebih kurang dua pekan. Ciri pakan fermentasi (silase) yang sudah jadi berbau harum.

baca : Penelitian Ilmiah dan Sikap Ilmiah


0 Comment for "Belajar Wirausaha Melalui Ternak Domba"

Back To Top